8 Ide Usaha Makanan Ringan Yang Menguntungkan di 2018

Posted on
bisnis makanan ringan unik, jualan makanan ringan yang menguntungkan, usaha makanan ringan yang menguntungkan
8 Jenis Usaha Makanan Ringan Yang Menguntungkan

Usaha makanan ringan merupakan bisnis rumahan yang memiliki prospek cerah baik saat sekarang maupun di waktu mendatang. Permintaan konsumen untuk makanan ringan akan terus bertambah. Penikmat makanan ringan tidak mengenal usia, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua. Maka tidaklah mengherankan apabila usaha yang sering dianggap sebelah mata ini malah justru kebanjiran pelanggan.

Peluang usaha makanan ringan ini masih terbuka lebar apabila Anda mencoba untuk terjun kedalamnya. Hal itu disebabkan banyaknya jenis makanan ringam di Indonesia mulai dari gorengan, keripik dan  makanan khas daerah yang bisa dijual dengan margin keuntungan yang cukup tinggi.

Untuk Anda yang berniat untuk menekuni usaha di bidang kuliner, khususnya makanan ringan, tentu Anda harus melakukan persiapan dan perencanaan yang matang. Hal penting seperti melakukan analisa dan riset pasar adalah hal yang pertama kali mesti Anda lakukan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui jenis makanan ringan apa yang memiliki permintaan pasar yang tinggi dan seberapa besar persaingan usaha yang sudah ada.

Kiat Sukses Usaha Makanan Ringan Rumahan

Bisnis makanan ringan memerlukan ketekunan dan manajemen yang baik. Kebanyakan pengusaha sukses makanan ringan merupakan pengusaha yang sudah lama berjualan dan memiliki pelanggan tetap, ditambah makanan ringan yang dipasarkan sangat inovatif serta rasanya enak karena kunci utama bagi para pemula dalam bisnis makanan ringan adalah kreatif dan inovatif. Ada banyak hal yang mempengaruhi kesuksesan seorang pemula dalam bisnis makanan ringan, diantaranya:

Usaha makanan ringan membutuhkan ketekunan dan manajemen yang tertata rapi.

a) Makanan Ringan Memiliki Kualitas Bagus

Kualitas makanan ringan yang akan dijual harus bagus, baik dari sisi bahan maupun bumbu yang digunakan, sisi pengolahan maupun sisi pengemasan. Bahan dan bumbu yang digunakan harus higienis dan tidak mengandung zat-zat yang berbahaya. Cara pengolahannya haruslah sesuai dengan aturan, seperti makanan ringan berupa gorengan, maka penggorengannya harus menggunakan minyak yang berkualitas dan terus diganti secara berkala. Kemasan makanan selain menarik juga harus tetap memperhatikan segi kesehatan, misalnya tidak memakai kemasan dari bahan yang berbahaya.

b) Produksi dan Pemasaran Yang Inovatif

Pemenang didalam usaha makanan ringan adalah mereka yang selalu melakukan inovasi dan melakukan pembaruan sesuai permintaan pasar. Ciptakan produk makanan ringan yang memiliki kekhasan sehingga konsumen bisa membedakannya dengan makanan ringan sejenis. Selain itu, berikan nilai tambah dalam hal pemasaran produk, misalnya dengan memberikan bonus atau diskon.

c) Ciptakan Konsumen Yang Loyal

Sambutlah pembeli yang datang dengan ramah dan sopan, tidak peduli apakah Anda sudah mengenalnya atau belum. Buatlah calon pelanggan menjadi terkesan dengan sikap Anda, selain dengan kata-kata yang ramah, bermurah senyumlah kepada pelanggan sehingga suatu saat mereka akan senang hati untuk berkunjung kembali. Branding usaha Anda dengan aktif menggunakan media sosial dan menciptakan hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan. Media sosial bisa membuat usaha makanan ringan Anda menjadi viral dan dikenal oleh banyak orang. Para pelanggan Anda adengan sukarela melakukan iklan dari mulut ke mulut. Hal itu tentu akan sangat membantu Anda dalam meningkatkan penjualan.

8 Contoh Peluang Usaha Makanan Ringan Modal Kecil

Beragam jenis usaha makanan ringan, baik modern maupun tradisional banyak mudah kita jumpai di restoran, supermarket, pasar, taman bahkan di pinggir jalan. Usaha makanan ringan merupakan usaha yang membutuhkan modal yang sifatnya fleksibel. Artinya, modal yang dibutuhkan disesuaikan dengan jenis makanan ringan yang dijual. Anda ingin memulai jualan makanan makanan ringan, namun bingung memilih jenis usaha makanan ringan?. Berikut ini 10 contoh peluang usaha makanan ringan yang dapat Anda jalankan dengan modal kecil dan memiliki prospek bagus dimasa datang :

  1. Usaha Kedai Kopi

Kopi merupakan salah satu minuman favorit sebagian besar penduduk di Indonesia. Usaha kedai kopi telah berkembang pesat, sehingga saat ini dijumpai banyak jenis minuman kopi dengan ciri khas yang berbeda. Sebagai contoh adalah kopi luwak yang dikenal memiliki cita rasa khas yang tidak dimiliki oleh jenis kopi lain. Usaha ini memerlukan modal yang tidak begitu besar, tergantung pada skala usaha yang akan dijalankan, seperti : kafe, warung kopi dan angkringan. Jika Anda memiliki modal yang terbatas, maka Anda bisa memilih usaha angkringan, karena selain tidak membutuhkan modal yang lumayan besar, usaha ini juga memiliki prospek yang cerah, hal itu dilihat dari semakin banyaknya usaha angkringan yang terus muncul akhir-akhir ini.

  1. Jualan Aneka Minuman Dingin

Minuman dingin merupakan jenis minuman yang banyak disenagi orang, seperti es krim, es teh, puding, es susu dan masih banyak lagi. Usaha ini sangat cocok apabila dijalankan di waktu siang hari, wilayah atau tempat yang panas, baik di sepanjang jalan maupun di sekitar taman tempat orang berkumpul. Segemen usaha ini membidikan semua kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga orang tua, sehingga bisnis ini memiliki prospek yang cukup bagus.

  1. Jualan Aneka Jus

usaha makanan ringan unik, peluang usaha makanan ringan, usaha makanan ringan rumahan, makanan ringan yang unik
Jualan Aneka Jus Merupakan Bisnis Makanan Ringan Unik

Usaha yang satu ini tidak mengharuskan Anda memiliki keterampilan khusus. Membuat jus cukup mudah, Anda bisa mencari referensi di majalah maupun internet tentang cara membuat jus. Jika Anda tertarik untuk menjalankan bisnis ini, maka waktu yang efektif untuk melakukan penjualan adalah antara siang hingga menjelang sore hari, kare pada waktu malam tentu jumlah konsumen jus akan berkurang.

  1. Jualan Bubur Kacang Hijau

Bubur kacang hijau adalah makanan yang disukai oleh banyak orang, sehingga bubur kacang hijau merupakan bubur favorit. Selain proses pembuatan bubur kacang hijau yang cukup mudah juga kandungan gizi yang komplit membuat bubur kacang hijau bisa dijadikan sebagai produk usaha yang potensial. Usaha bubur kacang hijau dapat dilakukan di sekitar sekolah, kampus, pabrik atau berjualan ditepi jalan yang ramai.

  1. Usaha Roti Bakar

Akhir-akhir ini banyak orang yang menjalankan usaha roti bakar. Jenis usaha ini bida dilakukan dengan modal kecil. Anda bisa memilih lokasi untuk berjualan di kedai, taman, pinggir jalan maupun tempat keramaian yang lain. Anda perlu untuk menyiapkan gerobak sebagai sarana untuk berjualan. Bila modal Anda belum cukup, Anda bisa menyewa maupun berkerja sama dengan pemilik gerobak dengan cara bagi hasil. Lakukan cara-cara yang bisa menarik calon pembeli datang, misalnya dengan memberi bonus atau promo lainnya.

  1. Jualan Aneka Pepes

Pepes merupakan jenis makanan tradisional yang dibuat dari bahan yang beraneka ragam, seperti ikan laut yang dibungkus dengan daun pisang, kemudian dikukus atau dipanggang. Untuk saat ini, pepes banyak dijual di warung makan maupun restoran. Bagi Anda yang tertarik memulai bisnis ini, Anda perlu memberi nilai tambah seperti kemasan yang menarik untuk menarik minat calon pembeli.

  1. Tahu Kremes

Tahu kremes merupakan tahu yang bagian luarnya dilapisi tepung garing, tahu ini memiliki banyak sebutan seperti jeletot, tahu kress, goyang lidah dan lain sebagainya. Tahu kremes merupakan salah satu jenis makanan ringan yang unik dan banyak disenangi orang, mulai dari anak-anak hiangga dewasa. Untuk saat ini usaha tahu kremes merupakan salah satu usaha yang memiliki prospek cukup bagus.

  1. Gorengan

Jualan gorengan adalah jenis usaha makanan ringan rumahan yang tidak ada matinya dan banyak diminati oleh semua orang. Beragam jenis gorengan dapat Anda jual antara lan, tempe goreng, pisang goreng, tahu goreng, cireng, resoles dan lain sebagainya. Yang perlu Anda perhatikan ketika menjalankan usaha ini adalah masalah kesehatan, Anda harus menggunakan minyak yang berkualitas dan rutin menggantinya. Walaupun disisi lain, hal itu akan mengurangi jumlah keuntungan yang Anda daptkan.

Jangan Takut Mencoba Usaha Makanan Ringan

Setiap kali Anda memilih untuk memulai usaha maka akan selalu ada tantangan yang harus Anda hadapi. Biasanya, para pakar bisnis melihat prospek bisnis kuliner pada 3 bulan pertama usaha tersebut berjalan. Apabila di 3 bulan pertama aliran kas dan penjualan lancar maka itu merupakan tanda bahwa usaha Anda akan bertahan lama. Meskipun Anda tidak memiliki latar belakang maupun keahlian di bidang kuliner, Anda tidak perlu takut untuk memulai. Anda harus selalu menambah ilmu bisnis Anda baik dengan membaca tulisan-tulisan seputar bisnis maupun mengikuti pelatihan yang sesuai dengan bisnis Anda.Jangan sampai Anda hanya bermodal nekat karena mengetahui potensi usaha dibidang kuliner yang sangat menjanjikan. Jangan takut mencoba bisnis makanan ringan unik ya teman-teman, karena untuk setiap hal baru akan selalu ada yang pertama.

Kata Kunci Dari Pencarian :

  • bisnis makanan yang bisa bertahan lama dan diminati semua kalangan

One thought on “8 Ide Usaha Makanan Ringan Yang Menguntungkan di 2018

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *